My- simple daily skin care routine

Aku bisa dibilang ‘anak baru’ kalau urusan merawat wajah, padahal sudah bertahun-tahun rajin bersihin muka. Tapi, baru sekarang ini berniat dan konsisten merawat kulit wajah. Apalagi usia semakin bertambah, pasti nya sebagai perempuan harus bisa merawat kulit agar  tetap cling, bersih, dan gak berkerut.

Semua berawal ketika aku berenti pake obat dokter. Bukan karena aku gak cocok, justru aku cocok banget, muka lembab, bersih, dan bright. Alasannya, karena aku ketergantungan sama facial di dokter itu, facialnya yang dipencet-pencet, which is bikin pori-pori aku membesar. Apalagi, setiap aku telat facial, pori aku mulai keisi sama komedo lagi.

Nah, karena aku males-malesan melakukan rutinitas facial, muka aku jadi kusam, beruntusan, dan kering. Sampai sahabat aku heran, muka ku dulu cling kenapa sekarang kusam. Akhirnya aku diajarin sahabat aku untuk pelan-pelan ngerawat wajah lagi.

Double cleansing. Ini yang diperkenalkan sama sahabat aku yang super cerewet. Jadi, double cleansing ini adalah cara membersihkan wajah dengan melalui 2 tahap dan bakal bersihin muka kita secara maksimal. Karena kalo biasa pake facial wash aja gak cukup. Ini beberapa produk yang aku pakai untuk double cleansing.

1. Maybelline makeup remover.

Aku pake ini untuk tahap awal. Aku kan suka pake eyeliner yang waterproof, lipstick, dan eyebrow powder. Kalo pembersihannya cuma pake milk cleansing atau facial wash gak akan keangkat. Jadi, aku pake makeup remover ini untuk bersihin makeup yang keras-keras ini. Maybelline ini rasanya agak kering di muka aku sebenernya, tapi aku mau habiskan dulu baru beli merk lain yang lebih melembabkan.

2. Lóccitane shea butter cleansing milk

Abis pakai makeup remover, aku pakai cleansing milk ini. Wanginya bikin relaks banget. Pijit wajah sambil cium aroma wanginya, bikin capek-capek berangsur hilang. Setelah pemakaian, wajah rasanya haluuuusss banget, dan gak kering. Tekstur-nya agak pekat, jd harus cepet dihapus pake kapas. Pernah satu malem aku coba bersihin muka suami pake cleansing milk ini, hasilnya wajah suami licin banget, dan dia ketagihan. Ya sesekali gapapalah ya, kalo berkali-kali, suami harus bikin alokasi subsidi skincare istri. Hehe.

 3. Lóreal White Perfect Facial Foam

Facial foam ini aku pake biar bersihnya sempurna. Cukup pake sedikit banget. Tapi efeknya di aku gak terlalu bagus, karena rasa mukanya kering. Kalo senyum, rasanya muka ketarik semua. Aku berniat ganti facial foam yang lebih lembut dan bikin kulit gak kering, tapi belum tau apa.

Bersihin wajah kayanya bertahap-tahap, tapi percaya deh, kalo udah jadi kebiasaan, pasti gak akan males. Double cleansing ini paling cuma butuh waktu penyelesaian 5 menit. Ya bisa 10 menit-an sih kalo baby Kalyn ikutan. Biasa, anak kecil suka sok tau. Dia suka ikutan ambil kapas, taruh kapas di cleansing, trus usap-usap muka aku pake kapas. Seolah-olah dia yang bersihin. Hihi.

Setelah bersihin muka, tahapan selanjutnya aku pake pelembab dan serum. Pelembab ini penting banget, biar wajah kita selalu awet muda, dan regenerasi kulit juga bagus. Aku selalu melakukan beberapa tahapan ini.

1. Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Barang ini dikenalin lagi sama sahabat aku. Aku juga awalnya gak tau toner ini fungsinya apa. Ternyata, air, sabun, minyak, dan kotoran di wajah itu meninggalkan sisa residu. Jadi, toner ini tugasnya menyingkirkan residu itu. Toner juga berfungsi mempersiapkan kulit agar lebih optimal untuk menyerap  serum atau pelembab yang akan dipakai selanjutnya. Kebetulan calendula ini ga ada alcohol-nya jadi gak akan mengikis minyak alami di wajah, dan muka kita gak kering.

2. Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Karena wajah aku sering ada kulit-kulit yang mengelupas dan kasar (maklum akhir-akhir ini jalanan macet banget, jadi sering nebeng suami naik motor), aku disarankan untuk pakai serum yang menambahkan air sampai ke lapisan terdalam kulit. Padahal waktu skin test, jenis muka aku gak dry, tapi normal to oily. Kering dan kasarnya kemungkinan karena kurang cairan juga. Nah, biasalah emak-emak panik kan, langsung berpikir jangka panjangnya akan cepat keriput. Jadilah aku ambil tawaran produk serum dari Khiel’s ini. Padahal, harga-nya lumayan menambah budget. Tapi demi masa depan aku pikir gakpapa.

3. Ultra Facial Oil-Free Gel-Cream

Terakhir, ini pelembab yang aku pakai siang dan malam hari. Aku disarankan pakai ini karena muka aku ada jerawat kecil-kecil dan beruntusan. Sebenernya aku dapet sample yang Super Multi-Corrective Cream, rasanya lebih lembab dan berfungsi untuk anti-aging. Tapi karena aku masih berjerawat, jadi aku disarankan pake Ultra Facial Oil-Free Gel-Cream dulu, dan sample Super Multi-Corrective Cream nya aku pake di malam hari.

 4. Bodyshop Tea Tree Oil

Untuk tambahan, kalo lagi ada jerawat aktif, aku suka pake tea tree oil dari bodyshop. Aku juga dapet ini dari hasil baca blog para beauty blogger. Tapi mungkin reaksi di aku gak langsung mengering. Pemakaian 3 hari, jerawat aku baru mulai mengering.

Rutinitas skincare ini baru aku jalanin selama 1,5 bulan. Bisa dibilang aku rajin banget, dan gak pernah skip 1 hari pun. Hasilnya, muka aku gak ada kulit-kulit yang ngelupas lagi. Muka lebih lembab, bersih, dan segar. Apapun skincare yang kita pilih, pastinya beda reaksinya di masing-masing orang, cocok-cocokan. So far, beruntusan di wajah aku juga berkurang jauh, dulu di dagu banyak beruntusan, sekarang hilang sama sekali. Pori-pori aku juga udah mulai mengecil. Bahkan, aku suka nemuin komedo yang sudah mengering, jadi komedo perlahan-lahan hilang dari wajah aku. Untuk selanjutnya aku akan hunting brightening serum, masker, dll yang bikin muka cerah tapi gak merusak. Gak sabar liat progress wajah aku selanjutnya.

Love, Wife, D.

2 Replies to “My- simple daily skin care routine”

  1. apa produk ini untuk semua jenis kulit wajah ?

  2. makasih admin artikelnya sangat membantu

Leave a Reply